Friday, November 22, 2019

My First Blog

Hai..
Perkenalkan saya Nia..
Ini blog pertama saya.. Sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk buat blog, apalagi membagi cerita-cerita yang saya anggap personal.. Tapi, karna saya rasa ini pengalaman yang harusnya banyak diketahui orang banyak, jadi akhirnya saya memberanikan diri untuk menceritakan pengalaman saya saat ikut recruitment ini.
Semoga kalian bisa suka dan menikmati setiap kalimat yang saya tulis dengan bahasa saya sendiri :)

Saya masih kerja di perusahaan kontraktor, tapi saat yang sama juga saya mencari lowongan-lowongan kerja dibagian perbankan. Saya memasukkan profil saya di Kalibrr.com dan apply lowongan-lowongan yang ditawarkan.

10 Mei 2019 saya pertama kali apply lowongan di PT. Bank Negara Indonesia dengan program Officer Development Program (ODP) - Gelombang II 2019. Sebenarnya saat apply, saya belum terlalu serius karna memang masih ada pekerjaan yang harus saya laksanakan. jadi pemikiran saat itu hanya sebatas apply saja. (Mau diterima yah bersyukur, tidak diterima juga saya bersyukur).

1. TAHAPAN ADMINISTRASI

Selama beberapa bulan sejak apply, saya tidak mendapat balasan apapun. Sampai akhirnya saya lupa kalau pernah apply lowongan disitu. Nah, tanggal 4 November (6 bulan setelah apply) masuk email dari BNI Talent Search disitu dibilang bahwa saya telah lulus Tahapan Administrasi dan diundang untuk ikut dalam Pelaksanaan Tahapan Online Assesment. Saat itu saya kaget ternyata diterima padahal sudah lupa kalau pernah apply lowongan di Bank BNI.. Yah.. saat itu saya tidak menyia-nyiakan kesempatannya..
*Cat untuk bagian ini, sistem dan waktunya berbeda-beda dan ga bisa dtebak. Bisa saja beberapa hari setelah apply kalian langsung dapet notif via email. Tapi bisa juga sampai berbulan-bulan setelah apply baru dapet notifnya. Prosesnya emang gitu. Jadi intinya kalian sabar aja kalo udah lama banget setelah apply di kalibrr trus belum juga dapet notif dan coba juga apply di tempat lain. Aku 6 bulan baru dapet hoho

2. TAHAPAN ONLINE ASSESMENT

Di email tersebut ditulis bahwa Tahapan Online Assesment akan dilaksanakan tanggal 6 November (2 hari setelah pemberitahuan lulus Administrasi). Tahapan ini dapat dilakukan dimana saja karena pelaksanaannya hanya lewat jaringan internet. Tahapan ini ada dua yaitu Cognitif Assesment dan Personality Assesment. Jadi saat pelaskanaannya kita dikasih soal gitu. Durasi masing-masing assesment kurang lebih 40 menit.

3. TAHAPAN LEADERLESS GROUP DISCUSSION (LGD)

Nah, setelah selesai menyelesaikan tes ini, kita tinggal menunggu saja pemberitahuan dari Tim Recruitment lewat email. Yang mengagetkan, besok nya tanggal 7 November, masuk email dari Tim Recruitment bahwa saya lulus untuk Tahapan Online Assesment dan diundang untuk hadir dalam tahap selanjutnya yaitu Leaderless Group Discussion (LGD). Dalam undangan, pelaksanaannya hari Senin, 11 November 2019 jam 08.30 WIB. Dan yang paling mengagetkan, pelaksanaannya di Menara BNI Jakarta Pusat. Pada saat itu perasaan saya campur aduk karena bersyukur boleh lanjut ke tahapan selanjutnya tapi sedih karena lokasi tesnya sangat jauh dari daerah tempat tinggal saya, yaitu di Manado wkwkw. Dalam undangan itupun kita diminta untuk merespon kehadiran lewat mengisi form konfirmasi yang harus diisi saat itu juga sebelum jam 23.59. Hahaha, kaget sekali saat itu.. Jadi dalam beberapa jam saya harus memastikan bahwa saya akan hadir atau tidak. Jujur saat itu langsung galau karena mempertimbangkan tiket pesawat Jakarta-Manado yang sangat mahal, belum lagi biaya nginap saya selama disana. Dan... jam 23.00 saya memustuskan untuk mengisi form kehadiran dan memilih YA.

Jadi tanggal 10 November saya berangkat dari Manado. Tanggal 11 jam 08.00 saya sudah berada di Menara BNI Jakarta Pusat dengan pakaian sesuai dengan yang sudah disampaikan lewat undangan via email.

Kami dikumpulkan di satu ruangan. Disitu kurang lebih ada 40-50 orang loh.. Sebelumnya kami melakukan registrasi. Disuruh dikumpulkan CV, FC Ijazah dan FC Sertifikat Toefl.
Kami dibagi dalam kelompok, satu kelompok kurang lebih 7-8 orang. Jadi ada satu kakak yang mengarahkan kami semua disana.. Sebelumnya dikasih breefing singkat tentang program ODP ini dan dikasih tau jabatan apa yang nanti akan kita duduki saat selesai ikut ODP ini.

Setelah dibagi kelompok, saya dapatnya kelompok 1 dengan 8 orang (2 cowok dan 6 cewek). Kami diberikan 1 topik untuk dibahas dan nanti akan dipresentasikan dihadapan penguji.

Kelompok kami yang pertama masuk ke ruangan LGD. Disitu ada 2 penguji (Bapak & Ibu) yang sepertinya pejabat tinggi di Bank BNI. Sebelumnya kami dijelaskan kasus apa yang akan kami bahas selama 30 menit. Dan 30 menit selanjutnya kami diminta untuk presentasi. *Catatan :  untuk LGD dalam berdiskusi kelompok, tidak ada yang memimpin. Jadi semua anggota kelompok punya kedudukan yang sama. Jangan terlalu over, jangan juga kalau tidak mengemukakan pendapat. Karna sebelumnya  kami sudah diberitahu bahwa jika ada yang tidak memberi pendapat, maka dia otomatis gugur. Jadi semampunya kalian mengemukakan pendapat, silahkan kemukakan..
Saran saya, jangan ada yang mencoba mengarahkan. Arahkan diri masing-masing. Kemukakan pendapat yang sopan dan sesuai dengan topik. Kalau kalian belum terlalu paham dengan topik itu, silahkan kasih pendapat yang sesuai dengan background dan pengalaman real kalian saja. Jadi selama pembahasan, para penguji berada dihadapan kalian dan menilai selama diskusi berlangsung.
Setelah 30 menit berakhir, kami disuruh presentasi. Semua harus menyuarakan apa yang sudah dibahas sebelumnya.

Nah. setelah kelompok kami selesai kami dipersilahkan pulang dan tinggal menunggu hasilnya di email lagi.
Dari tim recruitment kan bilang kalau pengumumannya nanti 2-3 hari, jadi saya memutuskan untuk kembali ke Manado besok harinya (hari selasa) karena haru kembali ke kantor lagi.

Dan.. jeng jeng jeng...
Selasa malam pas saya baru landing di Manado, ada email masuk dari Tim Recruitment bahwa saya Lulus LGD dan diundang untuk Interview User. Wow wkwk.
Bayangkan temen-temen..
Kalau tau pengumumannya di hari itu, pasti saya tidak langsung beli tiket untuk ke Manado haha. Di undangan ditulis bahwa Interview User pelaksanaannya hari Kamis tanggal 14 November.

Jadi,,, selasa malam saya tiba di Manado, Rabu malam saya balik lagi ke Jakarta untuk ikut Interview User.. Sebenarnya agak membingungkan karena tiket yang sangat mahal, jadi saya harus "putar otak" lagi supaya bisa berangkat. Tapi karena kerinduan saya yang besar, maka saya memutuskan untuk memenuhi undangan.
Ini foto kelompok LGD aku.. Semuanya 8 orang dengan background daerah yang berbeda, Universitas yang berbeda dan juga Jurusan Kuliah yg berbeda-beda..


4. TAHAPAN INTERVIEW USER

Kamis jam 08.00 WIB saya sudah berada di Grha BNI Jln. Jendral Sudirman. Disitu sudah ada lumayan banyak yang menunggu. Perkiraan saya pesertanya tinggal sedikit. Ternyata masih lumayan banyak yang masuk ke tahap User Interview.

Yang menarik di tahapan ini, sebelum interview, kami diminta untuk mengisi Surat Pernyataan yang harus ditandatangai dengan materai tapi itu belum bersifak mengikat karena kita masih dalam tahap seleksi.

Nah setelah menunggu beberapa saat, akhirnya saya dipanggil untuk masuk ke ruangan. Didalam ada beberapa Tim. Satu Tim ada 2 interviewer. Saya dapat Tim 5.
Interviewer saya adalah Bapak & Ibu yang sudah berstatus pejabat tinggi di Bank BNI dan ternyata mereka juga masuk BNI dengan program ODP..
Sebelumnya agak takut karena mendengar pengalaman teman-teman yang sudah interview sebelum saya. Tapi saya berserah aja sama Tuhan. Saya berdoa biar dikasih Hikmat, Pengertian, Kepintaran dan terlebih khusus dikasih Tutur Kata yang baik saat interview nanti.
puji Tuhan sekali karena saya dapat interviewer yang friendly, humoris, dan mereka tuh baik banget.
Sebelumnya saya ditanya nama panggilannya apa.. trus si Ibu bilang kalo disini kamu cerita aja.. ceritain pengalaman aja.. jangan terlalu kaku.. jangan juga takut.. Nah dari situ saya merasa percaya diri deh.. Dari pengalaman yang saya ceritain mulai dari kuliah sampe bisa bekerja dan mereka merespon dengan baik sekali.. Sungguh saat itu saya bersyukur. Jadi seperti saya sharing dan curhat. Bukan seperti wawancara yang biasa saya lihat yang kaku dan penuh ketegangan hehe.. Intinya lebih ke personality masing-masing.. Mereka ingin tahu seperti apa diri kamu, seperti apa cara kamu mengahapi tantangan-tantangan dsb. Intinya yakin aja deh hehe.. Kalau kamu punya pribadi yang baik, pasti kamu akan berbagi juga ke orang lain dengan cara yang baik :)

Durasi interview saya lumayan lama.. sekitar 45 menit. Waktunya tidak terasa lama karena mereka merespon baik.. dan dari pengalaman yang saya ceritakan, disitu berkembang pertanyaan-pertanyaan dari mereka.. Jawab aja jujur sesuai dengan pribadi kalian.. Jangan pernah menutupi atau berbohong agar bisa mengesankan mereka. Justru kalo kalian jujur, disitu mereka bisa menilai teman2 dengan jujur juga hehe.. Jangan lupa senyum dan sopan. Jangan memotong saat mereka berbicara atau memberi pertanyaan.

Setelah interview selesai, malamnya saya kembali ke Manado. Pemberitahuan selanjutnya akan masuk di email seperti biasa..

Nah, setelah menunggu beberapa hari, akhirnya tanggal 16 November (6 hari setelah User Interview) masukklah email bahwa saya Lulus untuk Tahapan User Interview. Tapi.... saya harus mengaupdate dulu sertifikat Toefl saya, baru bisa melanjutkan ke tahapan Medical Check-Up (MCU).

Setelah mengupdate dan mengirimnya kembali, ternyataaaaa.. mereka tidak menerima Sertifikat Toefl yang Prediction.. Jadi buat kalian yang mau ikut Recruitment BUMN dsb, lebih baik buat dan pakai Sertifikat Toefl yang ITP atau yang bukan Prediction karena tidak akan diterima. Tapi ngga semua perusahaan BUMN juga mengharuskan kalian untuk pakai Toefl ITP kok.
Jadinya saya harus tes toefl lagi untuk bisa dapat sertifikat Toefl ITP.. Ngga harus yang bersertifikasi ETS karena sertifikatnya keluar agak lama.. paling cepat itu 2 minggu kalo tidak salah.. Jadi aku ikut Toefl ITP yang dari lembaga-lembaga daerah saja. Yang penting bukan Prediction..

5. TAHAPAN MEDICAL CHECK UP (MCU)

Dan.. setelah kurang lebih 1 minggu setelah saya mengirimkan update Toefl yang bukan Prediction, akhirnya saya mendapat email konfirmasi bahwa Toefl saya dapat diterima dan tinggal menunggu pemberitahuan selanjutnya untuk tahapan MCU.
Besoknya tanggal 25 November saya mendapat undangan MCU dengan lokasi di daerah saya di Manado.

Dalam undangan ditulis bahwa kita harus puasa kurang lebih 10 jam sebelum pemeriksaan. Tahapannya lumayan panjang.. Pemeriksanaannya lumayan lama dan panjang. Ada pemeriksaan umum (darah, mata mulut, telinga, kaki, tangan), THT, Rontgen Jantung, EKG, dsb.

Nah itulah tahapan2 Medical Check Up yang saya lewatin..

Dan, setelah menunggu hampir 3 bulan lamanya, per hari Jumat, 21 Februari 2020 saya mendapat email dari BNI Talent Search bahwa saya tidak lolos dan tidak dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu SPK. Tidak tahu yah kenapa bisa tidak lolos padahal saya tidak punya penyakit berat apapun. Sedikit ada ketakukan juga jangan-jangan saya punya penyakit yang serius sampe-sampe ga lolos di tahap MCU. tapi karena hasilnya ga dikasih tau ke kita jadi yah kita ga bakalan tau juga.

Sedih ?? iya sedih banget. Setelah melihat teman2 yang sama2 berjuang akhirnya bisa lolos ke SPK dan inclass di BNI Corporate University. Aku juga manusia yang bisa kecewa dengan hasil yang tidak sesuai :) Mungkin juga ekspektasi saya yang teralu tinggi yang membuat harapan saya untuk bisa lolos juga semakin tinggi, apalagi sudah sampe tahap akhir yaitu MCU. Tapi, saya percaya dan yakin banget ini yang terbaik buat saya walaupun tidak sesuai dengan harapan. Tuhan tahu apa yang terbaik buat saya :) "Tidak selamanya apa yang kita iginkan bisa kita dapatkan. Walapun sudah banyak proses yang kita lewatin"

Terimakasih banyak buat Tim Recruitment BNI Talent Search 2019 atas semua kerjasama dan kebijaksanaannya selama proses recruitment. Saya bersyukur :)

Catatan aja buat temen2 yang ikut Recruitment ini trus belum sampai ke tahap SPK atau penandatanganan kontrak, saya sarankan jangan dulu resign dari tempat kerja yang lama (bagi yang sudah bekerja). Nanti aja kalo sudah ada kejelasan lulus dan diundang untuk tandatangan kontrak baru temen2 resign. Mengingat sistemnya yang ga bisa ditebak. Dan juga saya sarankan untuk mengikuti tahapan Medical Check Upnya di Jakarta aja.. Jangan pilih MCU di daerah masing2 karena pengalaman kemaren yang MCU diluar Jakarta hasilnya lebih lama keluarnya daripada yang MCU di Jakarta.

Ini yang bisa saya bagikan yah temen2..
Mungkin agak panjang, tapi saya percaya ini boleh menjadi pegangan buat teman2 nanti yang akan ikut Recruitment ODP BNI ataupun recruitment-recruitment di perusahaan lain.
Kalau ada pertanyaan atau ada pengalaman-pengalaman yang sama, silahkan tanya atau sharing di kolom komentar atau bisa tanya saya via email.

Semangat yah buat temen2 yang sudah apply..
Tetap berdoa dan beserah aja dan sambil menunggu hasilnya lebih baik coba apply di tempat-tempat lain karena kita ga bakalan tau sistemnya dan waktunya seperti apa.

Terima Kasih sudah membaca :)
Good Luck!






53 comments:

  1. sama kak, saya juga mengikuti rekrutmen odp bni tapi saya region borneo hahaha :D dan saat ini juga masih menunggu hasil dari tes MCU nya,semoga lolos ya.. Tuhan Yesus memberkati

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sama yah mba.. hehe iya2 diaminkan semuanya.. pasti yang terbaik yah buat kita.. Tuhan berkati mba juga :)

      Delete
    2. Hai ka mau tanya, tes lgd untuk borneo region dilaksanakan di jakarta juga atau di kalimantan ya?

      Delete
    3. Hai.. setau aku temen2 yang ikut region Borneo kemarin tempat tesnya ga di Jakarta. Dibedain antara yg umum ama yg region Borneo

      Delete
  2. kak apakah dulu kakak juga buat video kah? aku dulu sempat ikut tapi lupa gak sent video~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.. iya kemaren waktu undangan OA aku disuruh buat video juga. Tapi ga aku kirim :D tapi tetep lolos OAnya dan lanjut LGD ko. Gatau juga kenapa hehe

      Delete
  3. Halo kak, saya mau tanya. kalo cognitive test itu kayak gimana ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai juga kak. Cognitive Assesment tuh kayak TPA yang standart2 gitu.. atau juga lebih ke pengetahuan umum dan akademik aja..

      Delete
  4. kak, LGD nya pake bahasa apa? trus SPK itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. LGDnya pake indo kok.
      SPK tuh kalo ga salah Surat Penandatangan Kontrak. Bisa SPK kalo udah dinyatakan lolos dari MCU dan diijinin Sign Kontrak gitu

      Delete
  5. haloo kak mau nanya dong
    interview nya pake bahasa inggris atau bahasa indonesia ya kak ? terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. maaf slow respoj yah hehe..
      Interviewnya kalo aku bahasa infonesia kok.. tapi ada juga beberapa teman yang pake english..

      Delete
  6. Kalau pass daftar dari kalibr bolehkah pakai TOEFL prediction test ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya boleh ko pake prediction dulu.. nanti kalo udah lolos LGD ama Interview pasti diminta update ke bukan orediction kak. Dikasih waktu kok buat update..

      Delete
  7. Kak waktu LGD bahasa indonesia atau inggris?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. LGD pake indonesia aja kok.. cuman bahas topik aja ama temen2 kelompok

      Delete
  8. Selamat siang kak, mau tanya dan minta tips dong. Jd aku kan udah dapet pengumuman lolos interview user tp d hold prosesnya karna toefl aku prediction, jd harus nyerahin toefl yg baru. Nah udah aku kirim tuh toeflnya via email dr bulan november, tp sampe skrng ga ada konfirmasi apa2 lagi. Gmna ya kak? Aku bingung. Kira2 aku bisa tanya mengenai kelanjutan proses rekrutmenku kemana ya? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  9. Halo kak, hmm kayaknya banyak juga yg kayak gini kak, kemarin2 juga banyak yg slow respon dari pihak HRnya.. mu gkin juga ini pengaruh karna Covid kak jadi mereka slow respon banget. Nanti kakak coba tlp HRnya aja trus tanyain.. bisa kok.. intinya kalo belum ada pengumuman gak lolos, kakam masih dalam proses seleksi kok. Emang prosesnya aja yg butuh kesabaran buat nunggu :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oalaaah begitu ya. Tiap orang durasinya beda2 ya. Makasih kak kalo gtu

      Delete
    2. Iya bener, beda2 semua prosesnya.. nnt coba ditanyain HRnya ato coba gabung di telegram ODP terus tanya2in situ aja.. semangat yah

      Delete
  10. Oh iya kak mau tanya untuk update sertifikat toefl via email jg kah dgn format subject email nama_no peserta_tanggal interview user? Trus ada minimal skornya ga? Soalnya saya kasusnya jg gitu, tp sampai skrng blm ada kelanjutannya dan nilai toefl saya hanya 483

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya updatenya bisa via email kak dengan format gitu.. teus ngga ada skor minimalnya juga ko.. ngga pernah disebut.. skarang kayaknya emang gitu sistemnya agak lama.. kalo toefl udah bener ditunggu aja kak :) semangat yah

      Delete
  11. Kak ijin bertanya, sewaktu kakak udah sampai tahapan MCU, untuk menunggu hasilnya butuh waktu berapa lama ya kak sampai diinfokan lolos atau tidaknya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku kemarin kurang lebih 2,5 bulan.. mcunya november, email tdk lulusnya masuk februari. Itupun aku tanya2 via email ama tlp HRdnya hehe

      Delete
  12. Kak kira-kira LGDnya bahas tentang apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya pembahasannya random tiap kelompok.. kalo kelompok aku kemaren lebih ke perencanaan startup gitu.. bukan bahas kasus

      Delete
    2. Wah sama aku juga perencanaan start up gitu kak

      Delete
    3. oh iya berarti tiap LGD pembahasannya hampir sama hehe

      Delete
  13. Permisi Kak, untuk MCU, apakah buta warna parsial dan gigi berlubang berpengaruh besar untuk kelolosan ? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. wah kalo itu aku kurang tau mas. Tapi waktu seangkatan aku ada yg ga lolos Mcu, trus kata dia, dianya buta warna.. tapi ngga bisa ditentuin juga sih mas soalnya hasil MCU ga dikasih tau ke kita, coba aja.. ga ada yg ga mungkin kok

      Delete
  14. Kak mau tanya, ini saya juga udah lupa daftarnya berapa bulan yg lalu. Baru per hari ini dapat surat buat undangan tes di menara BNI tapi di suruh buat melakukan transaksi travel dan hotel. Padahal saya tinggalnya di jabodetabek jugaa. Ini beneran dari pihak BNI nya atau bukan ya kak?? Jadi disurat itu di wajibkan datang sehari sebelum mengikuti tes
    Terimakasih kak. Mohon responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak maaf baru di respon yah. Itu penipuan kak. BNI ngga pernah bekerjasama ama travel ataupun pihak lain dgn nyuru beli tiket ke mereka. Jangan percaya sama yg bekerjasama dengan travel2 yah

      Delete
  15. Kak mau nanya, untuk telfon HRD nya ke nomor yg mana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. 02157285599 ini no tlp HCnya. Jangan percaya kalau ada yang komen2 kasih no tlp selain ini atau kasih no Whatsapp karena pihak HC ngga pernah kasih informasi via WA. Tetap hati2 yah kalo ada info2 yg didapat diluar info dari HC yg sebenarnya

      Delete
  16. kak mau tanya dong materi buat LGD nya tentang apa ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo tim aku tentang perencanaan sturtup.. tapi masing2 tim beda semua

      Delete
  17. terimakasih infonya kak,
    saat ini saya sedang dalam tahap OA, saya baca tulisan kaka ini untuk referensi & gambaran jika lolos tahap selanjutnya
    semoga rejeki, aaaamin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sama2 :) sip semiga sukses yah.. jangan lupa tetep cari referensi2 kerja di tempat lain juga sambil nunggu hasil ODPnya.. goodluck

      Delete
  18. Kakk, mau nanya. Untuk skor TOEFL minimal nya apakah 450 ? πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo skor kayaknya ga pernah ditentuin berapa kak.. tapi 450an masih masuk kayaknya soalnya kemaren temen2 lain gitu

      Delete
  19. Mohon mau nanya kak, pas interview user pake bahasa indonesia apa english?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku kemaren pake indo, tapi ada beberapa temen yg samaan waktu interview mereka pake english.. tergantung interviewernya

      Delete
  20. Kak maaf mau tanya, dulu kakak juga upload resume ga? Soalnya diketentuan cuma Contact info and Education are Mandatory thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas yah.. iya aku kemaren upload resume kok

      Delete
  21. KAK PENGUMUMAN HASIL ONLINE ASSESMENT BERAPA LAMA ?

    ReplyDelete
  22. halo, odp bni tahan ijazah ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selalu proses seleksi sih ngga mbak.. tapi kurang tau kalo udah sign kontraknya :)

      Delete
  23. Kak aku mau tanya ODP BNI ini bukanya hanya sekali dalam setahun kah lamaran di Kalibrrnya. DAn apakah ditempatkannya itu bisa memilih misalkan saya dari Bali Bisa memilih untuk ditempatkan di Bali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Maaf balesnya lama yah.. setau aku juga recruitmentnya per tahun. Kalo penempatan aku belum paham soalnya aku ngga pernah liat kontraknya seperti apa. Tapi waktu Interview User kita dikasih semacam Surat Pernyataan begitu, trus disitu bisa kasih rekomendasi penempatan di daerah mana saja yg kita mau. Kalo ngga salah bgitu yah

      Delete
  24. MGM Resorts' new gaming floor will house more than 100 slot
    MGM Resorts Ltd. has announced plans 창원 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ to have a new κ²½μ‚° 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ gaming 제천 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ floor in New York City, ν•˜λ‚¨ 좜μž₯샡 the κ΅°μ‚° 좜μž₯μ•ˆλ§ˆ company announced Thursday. MGM Resorts

    ReplyDelete
  25. Mohon izin bertanya Kak, apakah ketika MCU ada tes ambien? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete